Sabtu, 05 Januari 2013

Dunia Perfilman Indonesia, Tahun 2012 di mata Nisa

Sebelum memulai film apa yang terbaik menurut gue, ada baiknya gue tampilin ke kalian semua, apa sih yang telah dibuat di dunia sineas Indonesia.

  1. 3 Pocong Idiot
  2. 5 cm
  3. Bangkit dari Kubur
  4. Bangkitnya Suster Gepeng
  5. Bidadari Bidadari Surga
  6. Bila
  7. Broken Hearts
  8. Cinta Tapi Beda
  9. Cinta di Saku Celana
  10. Dendam dari Kuburan
  11. Dilema
  12. Enak Sama Enak
  13. Fallin' in Love
  14. Forever Love
  15. Gadis Pelari
  16. Habibie dan Ainun
  17. Hantu Budeg
  18. Hattrick
  19. Hello Goodbye
  20. Hi5teria
  21. Kafan Sundel Bolong
  22. Kakek Cangkul
  23. Keumala
  24. Kita vs Korupsi
  25. Kungfu Pocong Perawan
  26. Kuntilanak-Kuntilanak
  27. Langit Ke Tujuh
  28. Lo Gue End
  29. Love is You
  30. Love is Brondong
  31. Malaikat Tanpa Sayap
  32. Mama Minta Pulsa
  33. Meaning of Love
  34. Misteri Pasar Kaget
  35. Mr. Bean Kesurupan Depe
  36. My Last Love
  37. Negeri 5 Menara
  38. Nenek Gayung
  39. Perahu Kertas
  40. Perahu Kertas part II
  41. Perjanjian Alam Gaib
  42. Pulau Hantu 3
  43. Republik Twitter
  44. Rumah Bekas Kuburan
  45. Rumah Kentang
  46. Rumah Hantu Pasar Malam
  47. Sampai Ujung Dunia
  48. Santet Kuntilanak
  49. Seandainya
  50. Sule Ay Need You
  51. Tali Pocong Perawan
  52. Tanah Surga, Katanya...
  53. Test Pack
  54. The Raid
  55. Tragedi Penerbangan 574
  56. Ummi Aminah
*ini gak semua film ya, ini yang gue dapetin ada tritnya di forum. Oke, gue langsung to the point aja, dari 56 film yang ada di sini, cuma 6 film yang gue tonton. Kita mulai secara descending ya. 

  • The Raid
    • Film ini sih katanya bagus, cuma ketika gue nonton, gue kehilangan kepercayaan dengan omongan orang-orang di twitter. Iya, gue dapat rekomendasi film biasanya dari twitter. Apa yang gempar, gue percaya itu pasti bagus. Menurut gue, The Raid hanya mengandalkan action, bukan film action. Soalnya, setidaknya harus ada cerita di dalam sebuah film, tapi untuk ukuran The Raid, gue bisa bilang kurang. Karena gue sendiri lebih suka kalau ada ceritanya, sehingga ada kesan sebab-akibat. Bukan hanya sekedar akibat aja, sana sini babak belur. Score? Gue kasih 6 dari 10 deh. Itu juga gue udah berbaik hati. Mhihi.
  • Test Pack
    • Gue nonton film ini ketika Tante Mer (Meriam Bellina) teriak dari kejauhan, waktu itu malam minggu, gue lupa kapan, sekitaran September kalo gak salah, "Siapa di sini yang sudah nonton Testpack!?" gue sendiri sebenernya gak mau nonton, karena gue bete sendiri sama Reza Rahardian. Sebelum ini ada Broken Hearts, trus masih banyak film Reza Rahardian lainnya. Untuk filmnya sendiri, gue sangat suka dengan akting Acha yang begitu bagus, dan ternyata Tante Mer main di film ini, pantes tante nanyain segerombolan orang yang datang ke Persari waktu itu. Kalau segi cerita sih udah pasti ketebak, hanya saja flow nya dapat, emosi tercurahkan, bagaimana keadaan keluarga kecil, keluarga besar, serta harapan. Gue kasih nilai 6.5/10.
  • Negeri 5 Menara
    • Gue nonton ini karena gue udah baca novelnya. Tidak seindah Laskar Pelangi, cuma dapat dikatakan film yang berdasarkan Based on Novel yang bagus, dibuat apik, dari latar, dialog, dan pesan yang ingin disampaikan sangat bagus. Untuk cerita kalian bisa googling, gue yakin udah banyak yang buat resensi mengenai film ini, dan gue akan memberi nilai 7/10.
  • Habibie dan Ainun
    • Ada yang bilang ini biopic, tapi menurut gue ini masih film yang tanggung, untuk dibawa ke film ini hampir semuanya kisah nyata, tapi kalau untuk transparansi, gue rasa masih belum bisa. Dan kita anggap saja film ini mengenai romantisme seorang veteran presiden. Filmnya bagus, cuma tidak untuk ditonton berkali-kali. Dan ini film paling booming di tahun 2012, karena berhasil mengalahkan 5cm yang bisa mengumpulkan 1 juta penonton dalam 10 hari. Gue kasih nilai 7.2/10 untuk film ini. 
  • 5 cm
    • Gue ada novelnya, cuma belum pernah baca. Gue beli karena katanya best seller. Gue nonton film ini dua kali, secara tidak sengaja, dan gue masih merasa film ini menghibur untuk kedua kalinya. Apalagi dengan adanya twist di film ini, akan membuat kalian terpesona ketika kalian menontonnya untuk ke dua kalinya. Awalnya sih gue pikir bakal boring, karena kita udah tau gimana jalan ceritanya, ternyata gue salah. Gue tetap terpesona, ntah ini karena besutan Rizal Mantovani, atau karena pembawaan Junot sangat bagus untuk memerankan Zafran. Film ini gue kasih 7.5/10
  • Bidadari Bidadari Surga
    • Ini film lumayan bagus, gue gak tau judul apa saja dari novel Tere Liye yang sudah di film kan, tapi gue sangat suka sama cerita ini, dan gue merasa tersentuh dengan ide yang dibawa. Dan gue gak pungkiri, gue nyesek juga nontonnya. Bukan karena gue punya kakak, dan juga bukan karena gue adalah seorang kakak. Gue merasa keluarga Laisa itu sederhana, dan penuh cinta. Walaupun gue ketinggalan 10 menit filmnya, tapi gue bener-bener suka. Di film ini gue ngerti akan slogan, if it is not happy, it isn't the end. 
Kalau dari gue segini untuk film Indonesia di tahun 2012. Dan gue akui gue nonton film yang berkesan ya 3 film terakhir yang rilis di akhir tahun.

Feel free to comment ya. :)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar