Minggu, 27 Januari 2013

Race, not knowing blood and relatives.


Sebuah film yang diproduksi oleh UTV ini sangat-sangat membuat pusing penonton. Jalan cerita yang disuguhkan begitu jumpy, dan pengarahan sang director juga membuat film ini terkesan misterius. Dengan Saif Ali Khan sebagai hero atau di beberapa istilah dikenal dengan lead male. Disusul dengan Anil Kapoor sebagai second lead male, dan Akshay Khanna sebagai villain dalam film ini.
Film sejenis ini tidak lepas dari yang namanya cewe. Di film ini ada Bipasha Basu dan Katrina Kaif. Siapa yang tidak kenal dengan dua orang wanita seksi ini? Katrina Kaif yang baru saja bersanding dengan Shah Rukh Khan dalam film romansa Alm. Yash Chopra.
Penokohannya Saif Ali Khan sebagain Ranvir Singh. Seorang eksekutif muda, kaya raya, hobi dengan lomba (race) dari lomba pacuan kuda, hingga lomba balap mobil-pun ia senangi. Ia memiliki seorang adik, yang bernama Rajiv Singh, yang diperankan oleh Akshay Khanna sendiri.
Balutan arahan dari Burmawalla bersaudara ini sangat-sangat bertipe layaknya film Hollywood. Memang tidak sebagus Nolan, tapi untuk ukuran Bollywood boleh dikatakan bagus. Tidak hanya sering jump, juga sering menampilkan beberapa fakta yang akan membuat penonton sadar apa gunanya di akhir film.
Sebelum membeberkan tentang cerita film ini, saya ingin berkomentar tentang film ini. Selain pusing dibuatnya, saya juga mempelajari hal yang lumayan penting jika ingin membuat film yang serba twist seperti ini. Terlalu banyak twist, penonton akan mudah membaca twist apa lagi yang akan terjadi. Sehingga, secara pribadi, saya tidak terkejut dengan akhir dari film ini, tapi saya malah pusing dibawa dari A ke B lalu ke D, balik lagi ke C, dan begitu seterusnya.


Ranvir memiliki seorang Personal Asistant, Sophie (Katrina Kaif) yang sangat menarik. Dan akan bertunangan dengan Sonia (Bipasha Basu), seorang model yang sedang naik daun. Namun, belum sempat terjadi, adinya, Rajiv mengutarakan isi hatinya bahwa dia jatuh cinta pada pandangan pertama terhadap Sonia. Dan di sini yang menentukan, bagaimana pintarnya Ranvir dan juga penonton.
Terlihat sangat galau, Ranvir sudah mendekati Sonia untuk beberapa lama, ia merelakan Sonia untuk adiknya. Dan iapun tetap sibuk dengan dirinya dan perusahaannya Stallion. Tak butuh waktu lama, ternyata ketahuan bahwa Rajiv ingin mendapatkan uang yang banyak, dengan cara mengklaim kematian saudaranya, Ranvir. Akhirnya ia mencoba menjadikan Sonia sebagai partner. Sebelum pernikahan terjadi, Rajiv bertanya akan hal ini kepada Sonia. Dan karena terkepung dengan fakta yang bisa membuat karirnya hancur, akhirnya ia setuju.
Sebelum hal ini terjadi, ketika Sophie datang ke mansion Ranvir untuk meminta tanda tangan, sang sutradara membuka celah untuk penonton berpikir, dan mengawasi Sophie dengan pertanyaan, "Apakah tidak perlu dilihat dulu?" menuju kepada kertas yang harus ditanda tangani oleh Ranvir.
Ya, kita pasti akan berpikir bahwa Sophie adalah tangan kanan si villain, yang saat itu kita masih belum tau kalau Rajiv-lah villain. Tuduhan itu langsung sirna karna Sophie dan Rajiv tidak dekat. Mereka kerap kali bertemu, tapi tidak ada hubungan yang spesial diantaranya.
Hingga akhirnya Rajiv sukses dengan rencananya, mendapatkan uang asuransi atas kematian saudaranya. Dan saat itulah Inspector Robert D'Costa (Anil Kapoor) muncul bersama sekretarisnya, Mini. Dan keadaan semakin memanas. Terlihat dengan pembawaan RD yang kocak, seolah membuat ada pesan yang tersirat di dalam kasus yang berusaha ditutupi oleh Rajiv.
Semua orang telah diintrogasi oleh RD, hingga muncul Sophie yang terlihat histeris. Seperti yang saya bilang tadi, Sophie tidak bersalah. Dia mengaku kalau dia telah menikah dengan Ranvir, yang membuat kita, sebagai penonton semakin tercengang, karena Rajiv juga ikut tercengang.
Semuanya sudah diikuti sesuai prosedur, penelusuran oleh RD juga membuat kita jadi sadar beberapa hal. Sehingga akhirnya Sophie yang berkulit domba, akhirnya terbuka, menunjukkan siapa dirinya sebenarnya. Seekor serigala yang mematikan.
RD yang sudah menemukan kejanggalan ini akhirnya datang ke Rajiv, yang saat itu bersama dengan Sophie. Bingung? Itu yang menyebabkan saya pusing, kenapa semuanya berbeda dari awal. Rajiv meminta RD untuk diam, tak disangka, RD setuju. Dan akhirnya Rajiv dan Sophie pun mengambil uang tersebut. Karena status Sophie sebagai istri Ranvir, maka ia berhak untuk mendapatkan uang tersebut.
Rajiv ternyata menggunakan Sonia untuk memancing Ranvir, karena ia tau kalau Ranvir jatuh cinta pada Sonia lebih dulu. Dan ia telah berencana untuk membunuh Sonia ketika ia mendapatkan uang itu. Di sinilah semuanya terbongkar. Ranvir yang ternyata masih hidup, datang menyelamatkan Sonia yang hari itu sudah diincar oleh orang suruhan Rajiv.
Akhirnya Rajiv mengetahuinya, Ranvir datang kerumah tersebut, lalu menjelaskan tentang lomba apa yang sedang mereka jalani. Mungkin Sophie sudah tidak punya muka di depan Ranvir, ia terdiam kaku. Rajiv merasa ide sempurna miliknya hancur, emosi seketika. Ia bertanya pada Ranvir apa yang ia ingini. Lalu Ranvir menjelaskan bahwa ia akan mendapatkan uang 2 kali lipat dibanding apa yang didapatkan oleh Rajiv, karena ia telah mengatur lomba sesungguhnya.
Di akhir film, Rajiv dan Ranvir masih balap mobil, berusaha menunjukan siapa yang lebih pintar, dan siapa yang akan mati. Mereka berdua sama-sama licik, dan sama-sama memiliki tujuannya masing-masing. Ternyata semua ini setup oleh Ranvir, ketika ia mengetahui kalau Rajiv berusaha membunuhnya seolah kecelakaan. Begitulah ceritanya, perlombaan ini belum selesai, ujar RD yang mendapatkan lagi bagiannya karena ia telah membantu Ranvir menjalankan rencananya dengan bagus. (as)



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar