Senin, 04 Februari 2013

Andaz Apna Apna (1994)

Siapa yang tidak kenal dengan dua pentolan pemain film Bollywood ini? Aamir Khan dan Salman Khan, dipertemukan di dalam sebuah film yang berjudul Andaz Apna Apna. Bersama Raveena Tandon dan juga Karishma Kapoor membuat film ini terlihat lebih manis.
Hidup di desa yang berdekatan, dengan takdir yang sama, Amar dan Prem memiliki mimpi yang sama, yaitu membuat hidupnya lebih baik dari yang sekarang. Amar (Aamir Khan) seorang anak lelaki dari pengusaha barber shop kecil-kecilan, hobinya bermimpi. Di awal film dapat dilihat ada Juhi Chawla, yang pada saat itu sedang tinggi pamornya, karena ia terpilih sebagai Miss India, saat itu, 1994.
Tidak lepas dari Darr, film ini masih membawa judul film karya Yash Chopra ini, mungkin sebagai pantolan, agar terlihat lebih pantas ditonton. Di belahan dunia satunya, Prem (Salman Khan) yang suka sekali berpose di depan kamera. Dia bukan artis, tapi sering nongkrong di sebuah studio yang pemiliknya sering membohongi dirinya. Prem adalah anak seorang penjahit kecil-kecilan. Bagaimana cerita Andaz Apna Apna yang memiliki rating 8.2/10 berdasarkan 10.766 orang tersebut bermulai?
Prem dan Amar bertujuan ke kota karena mendapat berita bahwa seorang gadis, anak dari seorang pengusaha kaya raya di London sedang ke India untuk mencari pendamping hidup. Memang dari awal sudah terlihat bahwa film ini bertemakan comedy. Amar dan Prem bertemu di bus, menuju ke kota. Mereka saling membohongi satu sama lain, sama-sama tidak ingin terlihat gembel, akhirnya saling membohongi. Mereka semakin akrab, hingga terbongkarlah tujuan masing-masing, yaitu menikahi Raveena. Sehingga kesalahpahaman kecil ini berujung kantor polisi. Terlihat Satish Shah sebagai guess star di film ini. Ia sebagai kepala polisi di sana, mulai mengintrograsi satu persatu, saling menghindar, hingga akhirnya sama-sama dibebaskan.
Akhirnya mereka berhasil sampai di kota, mulai dari tempat penginapan, yang ternyata mereka diberi satu kamar. Seperti yang saya bilang, ini film memiliki unsur komedi, sehingga bisa dibayangkan bagaimana. Ide pertamanya adalah berpura-pura datang ke kediaman Ram Gopal Bajaj sebagai orang kaya yang mencari seorang menantu, hingga datang sebagai korban.
Yang berhasil adalah Amar sebagai korban Raveena, ia menjadi lupa ingatan dengan tujuan diperbolehkan tinggal di rumah yang besar tersebut. Karena lupa ingatan, akhirnya Amar diberi nama Tilu yang artinya lupa ingatan. Karena tidak mau kalah, Prem akhirnya masuk ke rumah tersebut sebagai dokter Prem. Sehingga sedikit drama terjadi di sini.
Orang kaya, tak lepas dari bahaya. Setidaknya itulah yang bisa menggambarkan Teja, kembaran ayah Raveena yang memiliki niat jahat terhadap Ram Gopal sendiri. Ia ingin mengambil semua harta yang dimiliki saudara kembarnya itu. Berbagai upaya sudah dilakukan, mulai dari bom yang pakai waktu, hingga memasuki rumah tersebut sebagai Ram.
Amar dan Prem yang tidak mau terlihat bodoh di depan ayah Raveena, berencana menculik Ram, ya dengan ide konyol datang sebagai pahlawan. Sehingga direstuilah hubungan asmara dua laki dengan dua wanita ini. Sayangnya Teja juga berencana hal yang sama, demi memasuki rumah tersebut, mengambil kekayaan Ram.
Prem dan Amar sempat terlihat bingung karena ada dua Ram. Akhirnya mereka mencoba mencari siapa yang sebenarnya Ram, dan siapa yang palsu. Lalu ada lagi seorang penjahat konyol yang memiliki masalah dengan Teja. Sehingga terjadi kesalahpahaman, sekaligus penutup kisah ini. Akhirnya kedua bujangan tersebut diizinkan menikah dengan Karishma dan Raveena.

1 komentar: