Jumat, 26 April 2013

Matru Ki Bijlee Ka Mandola - Sebuah Pesan

Oh well. Siapa yang tidak kenal dengan Anushka Sharma? Berhasil debut dengan lawan main Shah Rukh Khan membuatnya semakin dilirik oleh produser. Sebagai pemenang best supporting actress tidak membuatnya mudah puas. Ia tetap eksplorasi akting maupun skill dancing yang kerap kali merupakan kewajiban untuk para artis Bollywood.

Ingin meniru pamannya, Imran Khan mencoba membuat sebuah image yang pintar, yang bersifat heroic, tapi bukan pejuang cinta, seperti kebanyakan film-film Bollywood lainnya. Ini bukanlah cerita yang penuh dengan romantisme kekasih, melainkan intrik yang biasa, namun dibawakan secara penting.

Sejujurnya, untuk film ini, merupakan sebuah cerita biasa yang dapat kita saksikan di FTv (Frame Ritz), namun disini memang bertujuan untuk penciptaan image Imran Khan yang pintar dan total. Itulah kenapa film ini tayang di 21, bukan di blitzmegaplex. Karena ini memang bukan murni buatan Bollywood, ada campur tangan Fox Star.

Ceritanya berawal dari Matru (Imran Khan) yang putus kuliah Hukum di kota, lalu kembali ke desa untuk bekerja. Harry (Pankaj Kapur) adalah seorang yang terpandang di desa tersebut, bahkan desa itu diberi nama seperti namanya, Mandola. Ia memiliki seorang anak gadis yang suka berbuat nekat, Bijlee (Anushka Sharma).

Bijlee sudah memiliki kekasih, yang akan menikahinya kelak, namanya Badaal (Arya Babbar) yang merupakan anak dari seorang politisi yang korup, Chaudari Devi (Shabana Azmi). Tujuan Badaal menikahi Bijlee tidak lain adalah ingin menguasai desa tersebut, lalu merubahnya menjadi pabrik. Konflik ini yang membuat ceritanya sedikit membosankan dengan alur yang begitu lambat.

Tidak ada kejelasan kenapa Matru bisa mengerti rencana Chaudari Devi, yang jelas ia mencoba menjadi pahlawan untuk desanya, ia mencoba menjadi Mao, penyelamat. Ada juga Harry, yang memiliki kebiasaan buruk dengan minuman membuat ia harus berhenti berkomunikasi dengan alkohol. Ini yang membuatnya sering mengalami ilusi. Ia sering melihat sapi berwarna pink, yang merupakan poin penting untuk film ini.

Tidak terlihat dengan jelas kalau Matru ingin memiliki Bijlee, tapi dapat dipastikan bahwa Matru tau semua kegiatan Bijlee, yang membuat hubungan mereka menjadi dekat. Karena kecerobohan Badaal, akhirnya Bijlee membantu Matru untuk menyelamatkan desa.

Memang, seperti film yang memiliki misi. Begitulah Matru Ki Bijlee Ka Mandola. Mereka sukses mempertahankan desa mereka dengan kondisi Harry yang memiliki penyakit akut. Iya, penuh intrik tapi tidak rugi untuk ditonton. (as)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar